Voluntary Work in Daehaminguk

Standard

Pada minggu kedua kedatangan saya di negeri gingseng ini, international office Kumoh National Institute of Technology international student dari berbagai negara ditawari untuk menjadi bagian dalam voluntary activity. kebetulan berdasarkan deskripsi kegiatannya, kegiatan yang dilakukan kebetulan sangat menarik  yaitu memperkenalkan Indonesia kepada anak-anak sekolah sekalgus mengajarkan mereka berbahasa Inggris. setiap voluteer didampingi satu mhasiswa korea dan pendamping saya adalah mahasiswa bernama Shim hyo seob. Saya sudah tak sabar mengajar anak anak highschool korea hahahaha

Activity 1

kegiatan pertama dilakukan tanggal 16 april 2013. ternyata jauh panggang dari api. alasan utamanya adalah karena ternyata kesempatan yang diterima adalah mengajar di sebuah elementary school. Letak elementary school ini di suburb kota Daegu. Bisa dibayangkan kalau mahasiswa korea saja masih banyak yang kesulitan berkomunikasi dengan bahasa Inggris apalagi anak 4 SD nya!!!!! yah tapi dengan metode kuis dan game yang saya bawakan saya pikir mereka cukup mengerti apa yang disampaikan (NB : berkat Shim sebetulnya karena Shim menerjemahkan apapun yang saya ucapkan ke bahasa korea.)

DSC_0377DSC_0345

Anak-anak sangat interaktif dan antusias meski dengan keterbatasan bahasa. pertanyaan yang mereka ajukan pun cukup unik seperti apa pekerjaan orang indonesia, bagaimana bentuk rumah dan keluarga di indonesia atau bagaimana bentuk mobil di Indonesia. padahal mobil dimana juga yah gitu gitu aja -_- yah namanya juga anak anak..

Activity 2

Kegiatan kedua dilakukan pada tanggal 16 Mei 2014. Berkaca dari pengalaman pertama saya, saya lebih memfokuskan ke game lalu materi materi unik seperti lebaran, makanan makanan korea yang mirip dengan indonesia, hewan hewan apa yang ada diindonesia. Amunisi siap persiapan matang, namun lagi lagi ekspektasi jauh dari realita. anak-anak yang harus saya ajarkan bahasa inggris.. kelas 1 SD!!!! Wat?? yah mereka sangat lucu dan menggemaskan, tapi suasana presentasinya bak ricuh sidang DPR membahas UU tenaga kerja (lebay). setiap kalimat disela dengan pertanyaan secara bertubi tubi. pertanyaannya pun jauh lebih ngaco daripada presentasi yang pertama. “kakak, diindonesia ada srigala?” “ada babi gak disana kak?” “di laut ada ikan apa aja?” -__- hahaha yasudah lah, tapi kegiatan kedua ini sangat seru karena selain anak anaknya sangat menggemaskan tapi sekolah kali ini terletak di pinggir gimcheon di salah satu kaki gunung terkenal dikota tersebut. perjalanan 3 jam terbayarkan lunas dengan pemandangan yang disuguhkan. Daebak!

DSC_0923

DSC_0922DSC_0903

 DSC_0894

Activity 3

Kegiatan terakhir dilakukan pada tanggal 13 Juni 2014. Akhirnya dikegatan terakhir bisa presentasi properly karna kali ini yang saya sambangi Gumi middle school..ralat gumi GIRL middle school. Ya, semua murdnya perempuan loh :)) sampai ditempat kita disambut jeritan keras remaja wanita bak menyambut artis k-pop macam Yonghwa atau Kai EXO (serius ga dilebih-lebihkan). yah saya juga sadar ngga ganteng ganteng amat kok kami, tapi karena jarang juga mungkin mereka bisa melihat lawan jenis. hahaha

Bisa dibayangkan pertanyaan pertanyaan yang mereka tanyakan ngga jauh dari profil kita berlima, cowok cowok yang mereka anggap bidadara dari gunung olympus, tidak ada yang berkaitan dengan presentasi tentang Indonesia. “Umur kaka berapa?” “sudah punya pacar?” “bisa nyanyi gak?” “pernah ciuman gak?” -_-

DSC_1384

Dengan berakhirnya voluntary activity terakhir, berakhir juga petualangan misi budaya yang saya emban, memperkenalkan Indonesia kepada dunia. mungkin jauh dari ekspektasi namun saya bisa terus belajar dari pengalaman dan memaksimalkan peran saya untuk negeri dikesempatan mendatang. sedikit kenang kenangan, saya diberi sertifikat langsung dari dinas pendidikan pemerintah provinsi Gyeongsangbuk-do.

20140619_141535[1]

Namun, saya juga berkesampatan menjalani voluntary activity lain yang diselenggarakan English club sebanyak 2 kali, saya akan ceritakan di artikel lainnya. ^^,

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

